Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Perawatan Pasien Kolostomi Lanjutan

Perawatan Pasien Kolostomi Lanjutan

Diposting pada 12 September 2018 oleh mastha medica

un

Ketika prosedur kolostomi sudah dilakukan, pada umumnya dokter akan kemudian menempatkan sebuah plastik pada bagian perut pasien yang sudah mempunyai stoma. Stoma ini adalah lubang buatan yang dibentuk di perut dengan tujuan agar kotoran yang berasal dari dalam usus dapat tertampung dengan baik.

Ketika masih berada di rumah sakit, pasien pasca prosedur colostomy pun akan dipandu dan diberitahukan segala detil mengenai bagaimana merawat colostomy. Ada waktu tertentu yang mungkin membuat bingung pasien seperti tentang kapan tepatnya kantong bisa atau boleh diganti, berikut juga pengubahan posisi. Hal ini nantinya juga diberitahukan oleh pihak rumah sakit secara spesifik sampai pasien jelas.

Perawatan kolostomi membutuhkan kehati-hatian dalam prosesnya. Wajib dilakukan oleh dokter spesialis atau orang yang berkompeten dengan hal ini. Sebab sedikit saja melakukan kesalahan dalam prosedur yang ditetapkan, akan berakibat buruk bagi pasien.

Pada masa perawatan, pasien tidak lantas benar-benar lepas dari pengawasan dokter karena memang masih harus melakukan pemeriksaan teratur. Pemeriksaan secara reguler adalah cara merawat pasca pembedahan colostomy. Penting pula untuk melakukan perawatan pada kulit sekeliling stoma secara menyeluruh. Tujuan utamanya adalah untuk mempertahankan permukaan yang cukup dalam penempatan kantong.

Berikut ini merupakan beberapa langkah yang kiranya perlu diketahui dan juga diikuti oleh pasien-pasien colostomy:

  • Minta perawat untuk memberikan penjelasan detail tentang kantong untuk stoma, seperti misalnya di mana Anda bisa mendapatkannya, bagaimana cara menggunakannya, dan apa saja istilah-istilah khusus yang perlu dipahami.
  • Sebelum penuh, kantong kolostomi perlu dikosongkan karena hal ini adalah cara supaya infeksi atau peluapan feses tidak terjadi.
  • Perhatikan pula proses pembuangan limbah yang berasal dari kantong ketika sedang ada di toilet.
  • Proses pembilasan stoma alias kulit terbuka perlu dilakukan dengan ekstra hati-hati dan dilakukan secara lembut menggunakan air hangat. Hal tersebut perlu dilakukan sebelum kantong baru bisa ditempelkan. Kalaupun hendak memakai sabun, pastikan sabun tidaklah mengandung wewangian supaya tak terjadi iritasi.
  • Proses pengeringan pasca pembilasan juga perlu dilakukan secara perlahan dan lembut, bahkan handuk yang dipakai juga usahakan yang berbahan super lembut.
  • Area sekeliling stoma atau lubang buatan bisa dijaga dengan baik untuk tetap dalam kondisi bersih dan kering.
  • Lokasi stoma harus tetap dimonitor supaya ada tidaknya perdarahan maupun kebocoran yang terjadi bisa diketahui. Karena bila perdarahan atau kebocoran sampai dialami pasien, ini adalah suatu kondisi yang merupakan tanda infeksi di mana pencemaran yang dari isi kantong sebagai pemicunya.

Produk terkait :

Jual Colostomy Bag Kantong Kolostomi Alcare You Care D Satuan

Kantong Kolostomi Colostomy Bag Anak Hollister Box

Jual Kantong Kolostomi Comy Bag With Drainage Onemed Box / 10 PCS

Jual Kantong Kolostomi / Colostomy Comy Bag With Drainage Onemed Satuan

Jual Kantong Kolostomi Colostomy Bag Anak Dansac Solo Mini 15-50 mm Satuan

Bagikan informasi tentang Perawatan Pasien Kolostomi Lanjutan kepada teman atau kerabat Anda.

Perawatan Pasien Kolostomi Lanjutan | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Perawatan Pasien Kolostomi Lanjutan

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})