Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Perawatan Kolostomi Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Bantuan Perawat

Perawatan Kolostomi Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Bantuan Perawat

Diposting pada 25 September 2019 oleh mastha medica

Kolostomi adalah sebuah tindakan medis untuk pasien yang mengalami masalah hambatan di usus besar dan rektum yang membuat kotoran (feses) tidak dapat keluar lewat anus secara normal. Kasus ini bisa disebabkan oleh pertumbuhan tumor atau infeksi.

Tindakan kolostomi sendiri sifatnya sementara, yaitu membuat lubang pada dinding abdomen (disebut stoma) untuk mengeluarkan feses. Lubang ini terhubung pada alat dan kantong kolostomi. Selama lubang masih ada, perawatan kolostomi harus tetap dilakukan.

Perawatan kolostomi meliputi membersihkan stoma kolostomi, membersihkan kulit di sekitar stoma, serta mengganti kantong kolostomi secara rutin.

Kantong kolostomi yang sudah penuh oleh feses harus segera diganti. Begitu pula dengan kantong kolostomi yang bocor sehingga feses mengotori abdomen. Kulit di sekitar stoma harus tetap kering untuk mencegah terjadinya iritasi.

Perawatan kolostomi biasanya dilakukan oleh perawat. Namun jika pasien ingin merawat lukanya sendiri, inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan: cucilah tangan hingga bersih, pakai sarung tangan steril, bersihkan kolostomi dan kulit di sekitarnya dengan kapas yang diberi cairan NaCl, serta keringkan kulit di sekitar kolostomi dengan hati-hati menggunakan kasa steril.

Selanjutnya oleskan salep khusus apabila terjadi iritasi pada stoma, sesuaikan lubang kolostomi dengan stoma, tempelkan kantong kolostomi sesuai dengan kebutuhan (miring, vertikal, atau horizontal), masukkan stoma lewat lubang kantung yang ada lalu rekatkan sampai tidak ada udara di dalamnya.

Setelah selesai, rapikan kolostomi dan bersihkan alat-alat yang sudah digunakan, lepas sarung tangan lalu cuci tangan sampai bersih, dan catat kapan saja Anda mengganti kolostomi.

Kami menyediakan berbagai macam jenis kolostomi, Untuk cara pemesanan silahkan klik link dibawah ini 🙂

Cara Belanja

Jual Buffle Colostomy Bag Procare F-70 Alcare

Jual Colostomy Bag Procare 2 Pouch D-70 Alcare

Jual Paket Colostomy Bag Procare + Buffle Alcare

Jual Kantong Kolostomi Colostomy Bag Anak Dansac Solo Mini 15-50 mm Satuan

Kantong Kolostomi Colostomy Bag Anak Hollister Box

Jual Kantong Kolostomi Colostomy Bag Stoma Bag Hollister 8651 Box

Jual Kantong Kolostomi Colostomy Stoma Bag Hollister Usa Box 8631

Bagikan informasi tentang Perawatan Kolostomi Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Bantuan Perawat kepada teman atau kerabat Anda.

Perawatan Kolostomi Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Bantuan Perawat | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Perawatan Kolostomi Bisa Dilakukan Sendiri Tanpa Bantuan Perawat

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 30%
STOK HABIS
SIDEBAR
})