Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Tips Menjaga Kesehatan Usus

Tips Menjaga Kesehatan Usus

Diposting pada 6 November 2018 oleh mastha medica

Salah satu bagian dari sistem pencernaan yang sangat penting adalah usus. Bagaimana tidak, di usus inilah sari-sari makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh diserap. Jika usus mengalami masalah, maka penyerapan nutrisi makanan juga bermasalah dan akan berimbas langsung pada tubuh. Karena alasan inilah kita harus lebih baik dalam menjaga kesehatannya. Lantas, apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan usus?

Pemilihan makanan menjadi hal yang krusial dalam menjaga kesehatan usus. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menerapkan pola makan yang sehat karena bisa memberikan dukungan pada pertumbuhan bakteri baik di dalam organ yang sebenarnya sangat panjang ini. Sebagai contoh, kita harus lebih membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat layaknya sayuran. Pakar kesehatan dr. Robynne Chutkan berkata jika konsumsi banyak sayur akan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Kita bisa melakukan pola makan sayur 1:2:3 dimana saat sarapan kita bisa mengkonsumsi seporsi sayur, lalu bertambah menjadi dua porsi di makan siang, dan bertambah lagi menjadi tiga porsi di makan malam.

Agar usus semakin sehat, kita juga harus memberikan asupan karhobidrat yang cukup, khususnya dengan mengkonsumsi kentang rebus yang dikombinasikan dengan salad. Hanya saja, hindari asupan karbohidrat yang tidak sehat layaknya pada minuman bersoda karena hal ini justru akan menekan pertumbuhan bakteri baik pada usus. Alih-alih minuman tidak sehat ini, perbanyaklah asupan air putih yang lebih sehat.

Makanan berfermentasi layaknya keju dan yoghurt ternyata memiliki kandungan prebiotik yang sangat baik bagi kesehatan usus dan daya tahan tubuh. Cobalah untuk mengkonsumsi makanan ini dengan rutin untuk mendukung bakteri baik pada usus.

Perbaikan waktu makan juga diyakini mampu membuat kesehatan usus semakin terjaga. Tahukah anda, usus ternyata membutuhkan 12 jam waktu beristirahat setiap harinya. Hal ini berarti, akan sangat baik jika kita hanya makan pada 12 jam waktu kita aktif dalam sehari. Sebagai contoh, jika kita sarapan pagi pada jam 7 pagi, maka setelah jam 7 malam akan sangat tidak dianjurkan untuk makan, apalagi makan malam. Dengan usus yang mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka sistem pencernaan pun terjaga kesehatannya.

Mari simak beberapa makanan dan bahan makanan yang membantu menjaga kesehatan usus kita :

1. Sayuran hijau

Tekstur sayur mayur yang berserat dapat membersihkan usus Anda dari racun dan kotoran yang menempel di dinding. Sayuran juga mengandung mineral dan antioksidan yang dapat membantu tubuh melindungi diri dari racun. Sayuran lebih baik baik dimasak dengan cara direbus (dijadikan lalapan), jika ingin ditumis atau digoreng gunakan minyak zaitun agar menambah nutrisi dari keduanya.

2.  Psyllium Husk

Psyllium husk atau yang lebih dikenal dengan nama plantago ovata merupakan tanaman herbal yang tumbuh di India. Tumbuhan ini didaulat kaya serat dan dapat menurunkan kolesterol pada tubuh. Cara mengonsumsinya dengan menuangkan segelas air panas ke dalam mangkuk berisi psyllium husk, lalu diamkan beberapa saat, beri taburan sedikit garam, lalu siap disantap.  Jangan lupa untuk menyediakan air minum secukupnya, karena tumbuhan ini kaya serat dan Anda mungkin akan sedikit susah menelannya.

3. Chia Seed

Chia Seed merupakan biji-bijian organik yang sedang populer untuk santapan diet, karena bermanfaat untuk detoks pencernaan. Rasa chia seed sendiri cenderung hambar, dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam susu atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan lain seperti yoghurt atau oatmeal.

4. Lada cayenne

Bagi Anda penggemar makanan pedas tetapi tetap ingin pencernaan Anda sehat, lada cayenne jawabannya. Bahan makanan ini adalah senyawa pedas yang dapat membantu melancarkan pencernaan di tubuh. Makanan ini juga didapuk dapat mencegah serangan jantung.

5. Makanan yang difermentasi

Makanan yang difermentasi mengandung bakteri menguntungkan. Makanan fermentasi cenderung memiliki sedikit rasa asam. Contohnya adalah kimchi, tape, dan yoghurt.  Makanan ini membantu mendukung bakteri usus mengeluarkan kotoran dari asupan makanan yang tidak sehat dalam tubuh.

6.Buah-buahan

Buah memang kaya manfaat bagi tubuh dari ujung kaki sampai kepala. Ada beberapa buah yang dapat membersihkan usus Anda, antara lain lemon yang kaya vitamin C dengan antioksidan tinggi pastinya akan membuat tubuh segera mengeluarkan kotorannya. Ada juga buah alpukat yang kaya akan omega 3 dengan manfaat mencegah perkembangan racun di dinding usus.

7. Varian teh

Kefir adalah sejenis tanaman yang dapat dijadikan minuman teh. Seperti yogurt, kefir merupakan produk yang difermentasi yang mengandung oligosaccharides, karbohidrat kompleks yang menjadi makanan untuk  bakteri baik serta menjaga mikroorganisme kecil untuk meningkatkan  sistem kekebalan tubuh. Selain itu ada teh Khombuca, teh manis yang difermentasi menggunakan kandungan berupa gelatin yang bernama kombucha, kedua teh ini dapat membersihkan usus dari kuman dan bakteri.

8. Air putih

Air putih wajib hukumnya kita komsumsi dengan cukup. Usus yang dehidrasi secara terus-menerus dapat menyebabkan sembelit, kondisi yang akan menyebabkan penumpukan racun dalam usus besar. Inilah sebabnya mengapa pentingnya minum air putih yang cukup.

 

Bagikan informasi tentang Tips Menjaga Kesehatan Usus kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Usus | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Tips Menjaga Kesehatan Usus

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})