Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Makanan Tinggi Serat Bagi Penderita Kanker Usus Besar

Makanan Tinggi Serat Bagi Penderita Kanker Usus Besar

Diposting pada 30 January 2019 oleh mastha medica

Semua orang sepakat bahwa makanan yang sehat dapat membantu seseorang menjadi lebih sehat. Gula darah terjaga, berat badan stabil, kadar lemak normal, tekanan darah baik, semua mungkin saja bisa didapatkan karena menerapkan pola hidup sehat seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang.

Apabila bagi orang sehat saja menjaga pola makan menjadi sangat penting, apalagi bagi orang yang pernah memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti kanker usus besar. Kanker usus besar merupakan penyakit yang menyerang salah satu organ pencernaan. Itu sebabnya menjaga jenis makanan yang masuk sangat penting bagi penderita kanker usus besar.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Komite Penanggulangan Kanker Nasional Kemenkes RI, setidaknya ada 13 orang per 100.000 penduduk usia dewasa yang mengidap kanker usus besar. Kanker usus besar itu sendiri bertanggung jawab menyebabkan 9,5% kematian dari total seluruh kasus kematian akibat kanker di Indonesia. Nah, penelitian membuktikan bahwa asupan makanan mengandung serat dalam jumlah besar dapat menurunkan risiko kematian pada pasien kanker usus besar.

Kenapa makanan yang mengandung serat bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker belum jelas diketahui. Namun banyak ahli kesehatan percaya ini ada hubungannya dengan peningkatan kerja metabolisme tubuh.

Serat merupakan kandungan dari makanan sumber nabati yang tidak dapat dicerna maupun diserap tubuh. Di dalam usus, serat bekerja mengikat air dan melancarkan pencernaan. Makanan mengandung serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan mengontrol kadar gula darah. Selain itu, makan makanan yang tinggi serat dapat menurunkan berat badan sehingga mencegah Anda mengalami obesitas, karena membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kesehatan tubuh yang lebih prima secara keseluruhan inilah yang dipercaya mampu memperlambat keparahan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Berikut adalah sumber makanan mengandung serat tinggi yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makan Anda setiap hari:

  • Alpukat. Per 100 gram alpukat mengandung sekitar 6,7 gram serat.
  • Apel. Satu buah apel ukuran sedang terkandung serat sebanyak 4,4 gram.
  • Pir ukuran sedang mengandung 5,5 gram serat.
  • Kelompok buah beri, seperti strawberi dan raspberi, termasuk buah yang memiliki serat yang tinggi. Contohnya, dalam 100 gram raspberri terdapat 6,5 gram serat.
  • Pisang, selain menjadi sumber vitamin C, vitamin B6, dan kalium, serat yang dimiliki pisang sebanyak 3,1 gram dalam satu buah pisang ukuran sedang.
  • Brokoli. Per 100 gram sayuran hijau ini Anda dapat menemukan 2,6 gram serat.
  • Wortel. Dalam 100 gram wortel terkandung serat sebanyak 3,4 gram.
  • Bayam, per 100 gram bayam mengandung 2,2 gram serat.
  • Kacang Merah. Per 100 gram kacang merah mengandung serat sekitar 7 gram.
  • Almond, mengandung 3,5 gram serat per 23 kacang almond.
  • Gandum utuh, per 100 gram oat diperkaya dengan 10,6 gram serat.
  • Beras merah. Per 190 gram beras merah mempunyai 3,5 gram serat.

Mengikuti aturan makan bagi penderita kanker usus besar dapat membuat kesehatan usus Anda terjaga dan mencegah kanker kambuh kembali. Ini adalah kesempatan untuk memperbaiki dan menikmati hidup kedua dengan lebih sehat dan bebas kanker.

Semoga Bermanfaat 🙂

 

Baca Juga :

Gejala Kanker Usus Besar

Resiko Kolostomi

Tips Menjaga Kesehatan Usus

Bagikan informasi tentang Makanan Tinggi Serat Bagi Penderita Kanker Usus Besar kepada teman atau kerabat Anda.

Makanan Tinggi Serat Bagi Penderita Kanker Usus Besar | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Makanan Tinggi Serat Bagi Penderita Kanker Usus Besar

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})