Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Infeksi Sekitar Stoma Kolostomi

Infeksi Sekitar Stoma Kolostomi

Diposting pada 5 September 2018 oleh mastha medica

un

Prosedur tindakan colostomy sendiri adalah tindakan membuat saluran baru dari bagian colon (usus besar) langsung ke dinding perut, sehingga tinja tidak lagi melalui anus tetapi keluar melalui saluran baru tersebut yang disebut dengan stoma.

Prosedur ini biasanya dilakukan pada mereka yang mengalami gangguan berat pada colon ataupun rektum.

Anda mungkin harus memiliki stoma jika pengobatan Anda melibatkan operasi untuk memotong semua atau sebagian dari usus atau saluran kemih.

Kondisi yang memerlukan operasi kolostomi jenis ini yaitu:

1. penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn
2. beberapa jenis kanker usus atau kandung kemih
3. cedera usus
4. masalah dengan ginjal, di mana air kencing tidak bisa keluar (jarang terjadi)

Lalu bagaimana jika terjadi Infeksi??

Infeksi merupakan salah satu risiko dari tindakan ini. Hal ini karena saluran stoma tersebut mudah sekali terkena paparan dari bakteri disekitar perut. Selain itu paparan dari anus juga bisa terjadi yang dimana sering kali terlalu fokus pada stomanya sehingga anus tidak di jaga kebersihannya (diabaikan). Biasanya gejala-gejala yang timbul akibat adanya infeksi adalah :

  • Sakit pinggang tulang belakang
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Nafsu makan menurun

Perawat harus segera mengganti kantong kolostomi, jika kantong tersebut sudah penuh terisi feses atau jika kontong kolostomi bocor dan feses cair mengotori abdomen. Perawat juga harus mempertahankan kulit pasien disekitar stoma agar tetap kering. Hal ini penting untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit dan untuk kenyamanan pasien. Kulit sekitar stoma yang mengalami iritasi harus segera diberi zink salep atau konsultasi pada dokter ahli jika pasien alergi terhadap perekat kantong kolostomi. Pada pasien yang alergi tersebut mungkin perlu dipikirkan untuk memodifikasi kantong kolostomi agar kulit pasien tidak teriritasi.

Berbagai informasi dan pengetahuan tentang kolostomi, jenis infeksi yang terjadi, ataupun harga kantong kolostomi, bisa Anda temukan dengan membuka web kami di https://kolostomibag.com/

Bagikan informasi tentang Infeksi Sekitar Stoma Kolostomi kepada teman atau kerabat Anda.

Infeksi Sekitar Stoma Kolostomi | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Infeksi Sekitar Stoma Kolostomi

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 30%
STOK HABIS
SIDEBAR
})