Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Cara Membersihkan Kantong Kolostomi Tanpa Mengganti

Cara Membersihkan Kantong Kolostomi Tanpa Mengganti

Diposting pada 10 December 2019 oleh mastha medica

Operasi kolostomi adalah pembuatan lubang buatan di perut sebagai pengganti ketika usus besar sedang diserang kanker. Pada tahap ini feses yang dikeluarkan tubuh langsung menuju saluran dan lubang di perut tersebut. Lalu untuk menghindari feses yang tercecer  maka perawat dan dokter akan menyarankan menggunakan kantong kolostomi.

Dalam penggunaan kantong kolostomi feses akan terus keluar dan memenuhi kantong tersebut. Jika sudah sepertiga kantong maka sebaiknya perlu mengganti kantong dengan yang baru agar feses tidak merembes atau bocor. Namun, ketika pada saat ingin mengganti namun kita tidak memiliki stok kantong baru. Lalu bagaimana?

Salah satu solusinya adalah hanya dengan mencuci dan membersihkan kantong kolostomi. Tidak perlu mengganti dengan yang baru setiap hari karena kebanyakan bisa menyebabkan infeksi jika terlalu sering menggangti.  Normalnya kantong kolostomi dapat bertahan selama 3-5 hari tergantung dengan kondisi kantong dan keadaan dari pasien. Kantong yang lama masih bisa digunakan dengan cara kantong yang telah terisi feses kemudian dicuci dan dibersihkan sesuai dengan anjuran yang tepat. Selain itu langkah membersihkan ini bisa membantu disaat kita lupa membawa kantong baru atau sekedar ingin berhemat.

Berikut akan kita simak tips hemat kantong kolostomi dengan cara hanya membersihkan.  Langkah yang tepat membersihkan kantong kolostomi tanpa harus menggantinya dengan yang baru dapat kita lihat pada video dibawah ini.

  1. Persiapkan alat’ yang anda gunakan terlebih dahulu, gunakan tissue basah atau tissue kering
  2. Gunakan toilet duduk untuk mempermudah posisi
  3. Buang keluaran isi stoma ( feses) ke dalam toilet melalui perekat bawah
  4. Posisi tubuh sedikit membungkuk, agar keluaran tidak terlalu kemana-mana
  5. Bilas kantong yang kosong dengan selang dan air bersih
  6. Bersihkan dengan baik, kocok air dalam kantong
  7. Bersihkan kantong stoma dengan tissue ( basah/kering )
  8. Tutup kembali kantong stoma anda
  9. Anda siap untuk beraktivitas kembali

Semoga Bermanfaat !

Bagikan informasi tentang Cara Membersihkan Kantong Kolostomi Tanpa Mengganti kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Membersihkan Kantong Kolostomi Tanpa Mengganti | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Cara Membersihkan Kantong Kolostomi Tanpa Mengganti

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 12%
STOK HABIS
SIDEBAR
})