Kontak Kami

( pcs) Checkout

Toko Alat Kesehatan Mastha Medica Menyediakan berbagai macam alat kesehatan, diantaranya : kolostomi bag, stetoskop, nebulizer, kursi roda, alat cauter, walker, tongkat kruk, instrumen medis, timbangan, termometer, tensimeter, dll. Informasi selengkapnya, klik link berikut http://www.masthamedica.com/ Informasi lainnya, bisa buka link http://alatmediskesehatan.com Kami senang jika bisa melayani Anda Melayani Anda Layaknya Saudara
Beranda » Artikel & Tips Kesehatan » Apa itu Kolostomi?

Apa itu Kolostomi?

Diposting pada 6 December 2018 oleh mastha medica

Apa itu Kolostomi?

Kolostomi adalah pembuatan sebuah lubang di dinding abdomen untuk mengeluarkan feses. Lubang ini dikenal dengan nama stoma dan terhubung ke alat serta kantong kolostomi. Bisa bersifat sementara, tapi bisa juga bersifat permanen.

Siapa yang Perlu Menjalani Kolostomi dan Hasil yang Diharapkan

Kolostomi direkomendasikan pada pasien yang mengalami masalah-masalah kesehatan berikut: * Adanya hambatan di usus besar dan rektum – Kolostomi diperlukan jika seseorang menderita kondisi yang membuat kotoran tidak bisa keluar melalui jalur biasanya. Biasanya akibat pertumbuhan massa abnormal, seperti tumor (jinak atau ganas) atau infeksi seperti tuberkolosis. Malformasi kongenital – Hal ini disarankan kepada malformasi turunan, seperti anus imperforate, fistula rekto-vaginal dan tumor besar. Sehingga, kotoran tidak bisa melewati jalur yang seharusnya.

  • Masalah kesehatan terkait usus – Pasien dengan penyakit yang memengaruhi usus besar, seperti volvulus atau usus melilit, atau mereka yang mengalami trauma atau cedera usus juga dapat menjalani kolostomi.
  • Inkontinesia feses – Kolostomi dapat direkomendasikan pada mereka yang mengalami masalah ini. Apalagi jika pasien sudah mencoba semua pilihan pengobatan, namun masih gagal untuk mengatasinya.
    Dalam beberapa kasus, kolostomi bisa dilakukan sebagai bagian prosedur bedah usus yang lebih luas. Misalnya, pengangkatan usus besar akibat kanker. Sehingga, lubang pada abdomen perlu dibuat untuk mengeluarkan feses agar usus bisa beristirahat dan memulihkan dirinya. Tergantung patologi dan kondisinya, kolostomi bisa bersifat permanen atau sementara. Yang terakhir berarti usus dapat diperbaiki dan dimasukkan kembali ke perut. Lalu, gastrointestinal akan dipulihkan kembali. Maka, bedah dibutuhkan untuk menutup kolostomi dan umumnya dilakukan beberapa bulan setelah masalah kesehatan pasien terkait usus berhasil disembuhkan.

    Cara Kerja Kolostomi

Ada beberapa jenis kolostomi, tapi prinsip dasarnya untuk melubangi dinding abdomen sama. Namun, bagian usus yang perlu dikeluarkan melewati dinding abdomen dan teknik untuk mengeluarkannya dapat berbeda. Jenis-jenis kolostomi tersebut, antara lain: * Kolostomi loop – Ini digunakan dalam keadaan gawat darurat, di mana usus tersumbat sepenuhnya. Satu lingkaran usus akan ditarik keluar, kemudian disayat, dan bagian yang terbuka akan dijahitkan ke kulit. Prosedur dengan teknik ini biasanya hanya untuk sementara dan usus masih dalam bagian posterior. * Kolostomi double barrel – Ini biasanya dilakukan setelah operasi reseksi usus. Berlawanan dengan kolostomi loop, usus besar diputus dan dipisahkan. Lalu kedua ujungnya di keluarkan melalui lubang abdomen. * Kolostomi ujung – Prosedur ini, hanya ujung proksimal usus yang dikeluarkan. Sementara ujung lainnya ditutup (dengan kantong Hartmann) atau diangkat (dengan reseksi abdominoperineal). Secara umum, kolonoskopi dimulai dengan menentukan lokasi lubang abdomen atau stoma. Sayatan melingkar akan dibuat dengan mengangkat jaringan subkutan untuk menciptakan sayatan cruciatum pada selubung rektus. Otot perut akan dipisahkan agar dokter dapat menjangkau rongga perut. Tergantung jenis kolostomi yang dilakukan, bagian dari usus besar dapat dikeluarkan melalui sayatan sebelum usus dijahit agar menempel pada kulit. Jika kolostomi merupakan bagian dari rangkaian prosedur, biasanya dilakukan sebagai prosedur penutup.

SEMOGA BERMANFAAT 🙂 Rk

Jual Kantong Kolostomi Colostomy Bag Stoma Bag Hollister 8651 Box

Jual Kantong Kolostomi Colostomy Bag Stoma Bag HOLLISTER 8631 Satuan

Jual Klip Penjepit Colostomi Hollister Clamp Holister

Bagikan informasi tentang Apa itu Kolostomi? kepada teman atau kerabat Anda.

Apa itu Kolostomi? | Mastha Medica

Belum ada komentar untuk Apa itu Kolostomi?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR
})